Bedegung Waterfall

6 Jan 2009

Objek wisata alam yang masih indah dan menjadi idola bagi wisata keluarga untuk daerah sekitar Sumatera Selatan, Air terjun Bedegung yang terletak pada 4o 0330.32 S 103o 4600.08 T di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, sekitar 56 km di selatan Muara Enim. Untuk akses menuju ke lokasi jalan sudah sangat bagus bila anda dari jakarta dengan menggunakan jalan darat atau pun dari palembang.

Tahun baru 2009 saya menyempatkan diri berwisata kembali setelah sekitar 10 tahun tidak melihat air terjun ini, perubahan
360o terjadi pada pengunjung yang mendatangi objek wisata alam ini, bila anda berkunjung pada moment yang special seperti perayaan tahun baru ataupun hari-hari besar perayaan keagaam seperti lebaran, anda akan merasakan keramaian yang sangat menonjol, pemandangan ini sangat berbeda jika kita berkunjung pada waktu-waktu biasa.

pemandangan yang indah dan arsi yang menawarkan kealamian nya, menjadi pilihan para pengunjung.. tapi sayang pemerintah daerah tidak berseunguh-sungguh untuk memfasilitasi wisata ini, contoh kecil saja.. di perayaan tahun baru yang menjadi pilihan pengunjung untuk berwisata ke air terjun Bedengung di jadikan kesempatan oleh pihak yang hanya berkepentingan mendapaatkan keuntungan semata, banyak terjadi aksi premanisme dalam penarikan tiket untuk masuk ke lokasi, apalagi bagi mereka pengunjung yang dari luar kota, seperti yang saya alami untuk masuk kelokasi saya harus berhadapan dengan pemuda setempat yang menawarkan (dengan paksaan) tiket masuk sampai 3 kali pemungutan, sebenarnya tiket yang resmi itu hanya di pintu masuk lokasi di dekat jembatan yang sudah berada di lokasi air terjun, kejadian ini sangat sudah di ketahui oleh pengelola tapi tidak ada sedikitput upaya dari pemerintah /pengelola untuk menertibkan, hal inilah yang sangat disayangkan sehingga saya menjadi berpikir ulang jika akan mengunjungi objek wisata nan elok di desa ini.

Bedegung waterfall 02Bedegung waterfall 04

Bedegung waterfall 01Bedegung waterfall 03Bedegung waterfall 05

Pemandangan yang memprihatinkan juga yaitu tingkat kesadaran dari pengunjung yang membuang sampah sembarangan baik dilokasi maupun di aliran sungai, bila dilihat dari penampilan mereka yang berkunjung ke objek wisata ini adalah mereka yang berpendidikan, tapi mengapa kok mereka tidak mengetahui apa dampak bagi lingkungan dari aksi mereka yang mengotori alam yang indah ini, mugkin respect mereka terhadap kelangsungan kelestarian alam ini masih kurang atau mereka sama sekali belum mengetahui….

—————————————————————————————————

Photo lain :

bedegung001.jpg waterfall2.jpg


TAGS Bedegung curug bedegung curug bedegung waterfall waterfall


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post